Memiliki Kualitas Seorang Pemimpin

Siapakah Pemimpin yang Baik?

Apa kualitas seorang pemimpin yang baik?

Apakah gelar / posisi, uang atau kekuasaan seseorang – yang membantu Anda membuat keputusan?

Izinkan saya memberi tahu Anda apa yang saya pikirkan dan saya yakin kebanyakan orang mungkin setuju.

Visibilitasnya; visibilitas sebagai Dimiliki Pemimpin yang Baik pemimpin dalam organisasi Anda. Pemimpin terhubung dengan orang dan mereka menginspirasi orang.
Itu Tanggung jawab, tanggung jawab terhadap orang-orang Anda dan tanggung jawab untuk memenuhi kebutuhan dan memecahkan masalah.
Di atas hanyalah beberapa poin dasar di mana Anda dapat mempersempit pencarian Anda untuk pemimpin yang baik. Tetapi izinkan bobby nasution saya meyakinkan Anda bahwa kedua poin ini tidak cukup. Sementara pemimpin adalah kata yang sangat luas untuk dibatasi dengan angka / peluru, saya mencoba meringkas dengan beberapa poin utama yang akan membantu Anda dalam hidup Anda.
Seperti yang saya sebutkan di atas, akan ada banyak sekali kualitas yang dapat dimiliki seorang pemimpin untuk menjadi pemimpin yang baik. Tetapi kami hanya mencantumkan 10 di sini dan membantu Anda memutuskan apakah ada orang dalam kehidupan pribadi atau profesional Anda yang merupakan teladan pemimpin yang baik.

Selalu mencari ilmu

Seorang pemimpin yang baik selalu haus akan pengetahuan karena orang yang percaya penuh dengan pengetahuan dan tidak mencari lebih banyak adalah kegagalan. Semakin banyak Anda bertanya, semakin baik Anda memposisikan diri Anda untuk sukses. Anda memberi nilai tambah pada diskusi dengan pengetahuan yang sesuai tentang tren dan Anda dapat menyempurnakan pengetahuan Anda lebih jauh dengan mengajukan pertanyaan yang tepat. Selain itu – Anda perlu berbagi pengetahuan dengan orang lain. Seperti yang dikatakan Chanakya, “Dia yang melepaskan rasa malu dalam urusan keuangan, dalam memperoleh pengetahuan, dalam makan dan dalam bisnis, menjadi bahagia”.

Pahami Kebutuhannya

Seorang pemimpin yang baik memahami kebutuhan orang-orangnya dan pasar serta industrinya. Jika Anda mendorong sesuatu yang tidak dibutuhkan oleh orang-orang atau organisasi, perlahan-lahan akan dibuang. Meskipun sangat penting bagi seorang pemimpin yang baik untuk memahami kebutuhan, seorang pemimpin harus perlu membedakan antara kebutuhan dan keserakahan, karena nanti dapat menimbulkan efek buruk di mana orang mulai mempertanyakan Anda untuk tuntutan rakus.

Bersikaplah fleksibel namun disiplin

Saat bekerja dengan orang-orang dalam suatu organisasi, pemimpin yang baik harus selalu fleksibel dan mengakomodasi kebutuhan mereka kapan pun dibutuhkan. Pada saat yang sama, pemimpin perlu menjadi pendisiplin yang baik untuk memastikan bahwa protokol, kebijakan, dan etika dasar tetap utuh. Pemimpin ditunjuk untuk memastikan bahwa tujuan dan prioritas organisasi tidak terganggu dan organisasi bergerak ke arah yang benar untuk mencapai misinya.

Kontrol atas indra Anda

Sebagai seorang pemimpin, Anda telah diawasi oleh banyak orang. Tidak hanya pengamat eksternal seperti media dan agensi mitra, tetapi juga anggota tim Anda sendiri yang mengawasi setiap langkah Anda. Orang-orang melihat Anda sebagai panutan mereka. Untuk menjadi pemimpin yang baik, Anda harus berhati-hati baik di depan umum maupun pribadi dan menjaga kendali atas indra Anda. Nafsu, Kemarahan, Keserakahan, Kebanggaan, Arogansi, dan Kegembiraan yang Berlebihan adalah kualitas yang merusak seorang pemimpin dan akan menyarankan Anda untuk menghindarinya.

Hati-hati dengan kata-kata

Menjadi seorang pemimpin, Anda menciptakan musuh yang bersuara lembut baik secara langsung maupun tidak langsung, yang mungkin tidak kehilangan kesempatan untuk merugikan Anda atau organisasi Anda. Saat menghadapi orang-orang seperti itu, Anda perlu berhati-hati dengan apa yang Anda bicarakan atau bagaimana Anda berbicara. Kata-katamu akan digunakan untuk melawanmu sebagai senjata. Ini juga berlaku untuk masalah rahasia, ketika seorang pemimpin yang baik memastikan seberapa banyak detail yang harus dibagikan dengan orang lain. Seorang pemimpin yang blak-blakan terkadang membuka kelemahan atau titik rawannya kepada orang lain, yang menjadi peluang untuk dieksploitasi oleh orang lain.

Anda bertanggung jawab

Organisasi mempertahankan hierarki di mana setiap tingkat hierarki memiliki otoritas pelaporan kepada siapa mereka bertanggung jawab. Seorang pemimpin yang baik perlu menerima kenyataan ini, bahkan jika dia diposisikan di atas. Pemimpin yang baik selalu memahami bahwa dia bertanggung jawab kepada pemangku kepentingan organisasi, media eksternal dan agensi, dan di atas segalanya kepada orang atau karyawannya.

Tetap waspada

Kewaspadaan total adalah suatu keharusan memiliki kualitas pemimpin yang baik, karena Anda perlu tetap waspada tentang ancaman eksternal dan kesalahan manajemen internal. Ketika Anda tetap waspada dan diberi tahu tentang kegiatan – Anda akan dapat berkonsultasi dengan tim inti atau anggota dewan atau pemangku kepentingan Anda untuk mengambil keputusan yang tepat dan siap menghadapi situasi apa pun yang dapat membahayakan organisasi atau orang Anda.

Etika dan moral adalah prioritas utama

Chanakya selalu mengajarkan para pengikutnya tentang etika dan nilai moral untuk sukses. Penting bagi seorang pemimpin yang baik untuk memastikan bahwa sistem nilai inti organisasi tetap utuh. Ini membantu organisasi dan anggota organisasi untuk bergerak menuju kesuksesan dan dalam situasi bencana atau masa-masa sulit, ini membantu orang-orang sebagai cahaya untuk mengarahkan semua dengan cara yang benar.

Waktu terbaik adalah SEKARANG

Sebagai seorang pemimpin, Anda perlu memahami bahwa tidak ada momen emas untuk memulai sesuatu. Dalam skenario bisnis yang kompetitif, Anda perlu bertindak sekarang jika Anda yakin akan pendekatan, ide, atau hasrat Anda. Rencanakan usaha Anda, konsultasikan dengan ahlinya dan buat rencana yang sudah ditentukan secara menyeluruh dan lanjutkan saja. Tidak ada jaminan kesuksesan, tetapi menunggu saat yang tepat tidak hanya menunda pertumbuhan Anda, tetapi juga menutup pikiran Anda dari pemikiran baru.

Berpikir, Putuskan dan Bertindak Cepat

Ingin menjadi pemimpin yang baik, maka Anda harus menjadi pemikir yang baik, pembuat keputusan yang baik, dan pelaksana yang baik. Periksa salah satu profil pemimpin yang sukses dan Anda akan menemukan bahwa mereka segera menerapkan idenya. Thomas Edison gagal 1000 kali tetapi selalu mengimplementasikan ide-idenya dan akhirnya sukses. Anda mungkin juga gagal kadang-kadang atau mungkin berkali-kali, tetapi kecuali Anda bertindak berdasarkan ide-ide Anda – tidak ada peluang untuk sukses atau gagal.

Kesimpulan

Saya mencoba menuliskan beberapa kualitas utama dari seorang pemimpin yang baik dan mengikuti mereka dengan cara yang disiplin pasti akan membuat Anda menjadi pemimpin yang baik di hadapan orang-orang yang akan menghormati Anda sebagai panutan Anda. Seorang pemimpin yang baik tidak pernah dilahirkan dengan kualitas. Seorang pemimpin perlu banyak berlatih dan berpegang pada hukum, etika dan moral yang membuatnya menjadi pemimpin yang baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *